Saturday, April 12, 2014

Menyusun program semester


BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Dalam kegiatan pendidikan seharusnya para pendidik  mengetahui tentang perencanaan untuk memperlancar suatu sistem pendidikan dan pembelajaran yang efektif dan efisien, dan dengan perencanaan yang matang maka kegiatan pendidikan akan mampu berjalan dengan baik dan dapat mencapai tujuan yang ingin dicapai. Program tahunan, program semester, dan pekan efektif merupakan rancangan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam sistem pendidikan dalam suatu lembaga pendidikan.
Dengan adanya kebutuhan sebagaimana diatas maka kelompok akan memaparkan mengenai salah satu rancangan kegiatan yang dilaksanakan dalam sistem pendidikan, yaitu program semester dan langkah-langkah penyusunannya.
1.2 Rumusan Masalah
      Berdasarkan uraian pada latar belakang maka dapat dirumuskan beberapa masalah, yaitu sebagai berikut:
1.      Apa yang dimaksud dengan program semester?
2.      Bagaimana langkah-langkah menyusun program semester?
1.3 Tujuan
            Dalam makalah ini penulis menemukan beberapa tujuan sebagai berikut:
1.      Untuk memenuhi tugas mata kuliah “Kajian Kurikulum SMA”
2.      Untuk mengetahui pengertian dari program semester.
3.      Untuk mengetahui langkah-langkah menyusun suatu program semester

BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Pengertian Program Semester
Semester adalah satuan waktu yang digunakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan dalam semester itu ialah kegiatan tatap muka, praktikum, kerja lapangan, mid semester, ujian semester dan berbagai kegiatan lainya yang diberi penilaian keberhasilan.
Program semester ialah program yang berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam satu semester. Program semester ini merupakan penjabaran dari program tahunan. Kalau program tahunan disusun untuk menentukan jumlah jam yang diperlukan untuk mencapai kompetensi dasar, maka dalam program semester diarahkan untuk menjawab minggu keberapa atau kapan pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar itu dilakukan.
Dalam program semester dipakai satuan waktu terkecil, yaitu satuan semester untuk menyatakan lamanya satu program pendidikan. Masing-masing program semester sifatnya lengkap dan merupakan satu kebulatan dan berdiri sendiri. Pada setiap akhir semester segenap bahan kegiatan program semester yang disajikan harus sudah selesai dilaksanakan. Kalau program tahunan disusun untuk menentukan jumlah jam yang diperlukan untuk mencapai kompetensi dasar, maka dalam program semester diarahkan untuk menjawab minggu keberapa atau kapan pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar itu dilakukan.
Pada umumnya program semester ini berisikan tentang bulan, pokok bahasan yang hendak disampaikan, waktu yang direncanakan, dan keterangan-keterangan. Komponen-komponen program semester ini yaitu: identifikasi (satuan pendidikan, mata pelajaran, semester, tahun pelajaran), bulan, standar kompetensi dan materi pokok yang hendak disampaikan, waktu yang direncanakan dan keterangan-keterangan.
2.2  Langkah-Langkah Menyusun Program Semester
Dalam penyusunan program semester ada beberapa langkah yang  perlu untuk di perhatikan.
Langkah-langkah penyusunan program semester:
1.      Memasukkan KD, topik dan sub topik bahasan dalam format program semester
2.      Menentukan jumlah jam pada setiap kolom minggu dan jumlah tatap muka per minggu untuk mata pelajaran
3.      Mengalokasikan waktu sesuai kebutuhan bahasan topic dan sub topic pada kolom minggu dan bulan.
4.      Membuat catatan atau keterangan untuk bagian-bagian yang membutuhkan penjelasan
      Format untuk program semester adalah sebagai berikut:
PROGRAM SEMESTER
Nama Sekolah      : …………….
Mata Pelajaran     : …………….
Kelas                    : …………….
Semester              : …………….
No
SK. KD
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4





























































































































































Dari contoh format program semester di atas maka tampak jelas bahwa program ini pada dasarnya sebagai penjabaran dari program tahunan. Cara pengisian program di atas adalah sebagai berikut:
1.      Tentukan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang ingin dicapai. Dalam hal ini guru tidak perlu merumuskan SK dan KD, sebab semuanya sudah ditentukan dalam Standar Isi (SI), yakni pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), kecuali kalau memang diharuskan merumuskan SK dan KD sendiri, misalnya dalam merumuskan kurikulum Muatan Lokal (Mulok).
2.      Lihat program tahunan yang telah disusun untuk menentukan alokasi waktu atau jumlah jam pelajaran setiap SK dan KD itu.
3.      Tentukan pada bulan dan minggu keberapa proses pembelajaran KD itu akan dilaksanakan.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                       : SMA …………..
Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semester        : XII IPA / 1
Tahun Pelajaran       : 2013/2014

Ø  Standar Kompetensi       :           4.         Memahami teori evolusi serta implikasinya
Ø  Kompetensi Dasar           :           4.1       Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi                                                                      biologi
Ø  Indikator                          :
1.      Mendeskripsikan berbagai teori tentang evolusi
2.      Mendeskripsikan teori evolusi menurut Darwin
3.      Membedakan teori abiogenesis dengan biogenesis
4.      Membuktikan teori biogenesis dengan suatu percobaan sederhana
Ø  Alokasi Waktu                 :           4 x 45 menit ( 2 x pertemuan )

a.      Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, diharapkan:
1.   Siswa dapat menjelaskan berbagai teori tentang evolusi
2.   Siswa dapat mendeskripsikan teori evolusi menurut Darwin
3.   Siswa dapat membedakan teori abiogenesis dengan biogenesis
4.   Siswa dapat membuktikan teori biogenesis dengan percobaan sederhana

b.      Materi Pembelajaran
·      Teori-teori evolusi dari para ahli
·      Teori evolusi Darwin
·      Teori abiogenesis dan biogenesis

c.       Metode Pembelajaran
·      Ceramah
·      Diskusi

d.      Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 1
No
Kegiatan Belajar
Waktu
1
Pendahuluan
a.  Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan, kelas  dll)
b.  Informasi kompetensi yang akan dicapai
c.  Memotivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan menunjukkan adanya keanekaragaman alam sekitar dan menanyakan bagaimana hal tersebut dapat terjadi.
      Siswa mencoba mengidentifikasi asal-usul keanekaragaman makhluk hidup




10 menit
2
Kegiatan inti
·      Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai pandangan tentang  asal-usul kehidupan.
·      Guru menjelaskan sejarah evolusi, beserta teori-teori yang ada seperti teori Cuvier, teori Lamarck, teori Darwin dan teori Weismann
·      Siswa mendiskusikan mekanisme  evolusi menurut Darwin. Setelah itu siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dikemukakan guru berkenaan dengan teori evolusi Darwin
·      Siswa menyimak penjelasan atau klarifikasi guru tentang jawaban yang diberikan siswa
·      Guru bersama siswa melakukan diskusi kelas, siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru.

70 menit
3
Kegiatan akhir (10 menit)
·      Siswa menyimpulkan berbagai teori-teori tentang evolusi dari para ahli
·      Siswa menyimpulkan mekanisme evolusi menurut Darwin.
·      Guru memberikan pengantar untuk pertemuan selanjutnya tentang teori abiogenesis dan biogenesis, beserta eksperimen/percobaan yang aan dilakukan untuk pertemuan selanjutnya.
·      Guru memberikan tugas rumah yaitu mencari alat dan bahan yang diperlukan untuk eksperimen nanti
·      Guru bersiap untuk mengakhiri pelajaran

10 menit

e.       Alat / Sumber Belajar
·         Ferdinand, F dkk. 2007. Praktis Belajar Biologi Untuk Kelas XII SMA/MA Program IPA. Jakarta Timur: Visindo Media Persada.
·         LKS / Lembar Kerja Siswa sebagai petunjuk untuk percobaan (terlampir)
·         Berbagai sumber informasi tentang evolusi (buku teks, internet, majalah dll)

f.       Penilaian (Instrumen/soal)
Penilaian dilakukan sebelum, selama dan sesudah  proses pembelajaran. Penilaian saat proses pembelajaran berlangsung dilakukan melalui kegiatan tanya jawab di kelas, aktivitas siswa saat diskusi, dan mengerjakan tugas-tugas. Penilaian tertulis dilakukan sesudah proses pembelajaran.
Adapun teknik penilaian tertulis yang digunakan adalah dengan bentuk tes uraian!
Jawablah semua pertanyaan di bawah ini dengan singkat, jelas dan tepat!
1.     Jelaskan dengan singkat teori-teori tentang asal usul kehidupan!
2.     Jelaskan 4 pokok utama teori evolusi menurut Charles Darwin!
3.     Deskripsikan perbedaan teori abiogenesis dengan biogenesis
4.     Berdasarkan eksperimen tentang teori biogenesis yang telah dilakukan,  kesimpulan apa yang didapatkan?          
BAB III
PENUTUP

3.1  Kesimpulan
Program semester merupakan salah satu bagian dari program pembelajaran yang memuat alokasi waktu untuk setiap topik satuan bahasan pada setiap semester. Pengalokasian waktu pada program semester diberikan secara lebih rinci dari pada prota.
Langkah-langkah menentukan program semester:
1.      Memasukkan KD, dan topic bahasan dalam format Program Semester.
2.      Menentukan jumlah jam pada setiap kolom minggu .
3.      Mengalokasikan waktu sesuai kebutuhan.
4.      Membuat catatan atau keterangan bila diperlukan.


Daftar Pustaka

Anonim. 2012. Program Tahunan dan Program Semester.
(Di akses 19/03/14)
Anonim. 2009. Pengertian Program Semester.
(Di akses 19/03/14)
Mulyase, E. 2007. Kurikulum berbasis kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.



0 comments:

Post a Comment

 
;