BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dalam kegiatan pendidikan seharusnya para pendidik
mengetahui tentang perencanaan untuk memperlancar suatu sistem pendidikan
dan pembelajaran yang efektif dan efisien, dan dengan perencanaan yang matang
maka kegiatan pendidikan akan mampu berjalan dengan baik dan dapat mencapai
tujuan yang ingin dicapai.
Program
tahunan, program semester, dan pekan efektif merupakan rancangan kegiatan yang
akan dilaksanakan dalam sistem pendidikan dalam suatu lembaga pendidikan.
Dengan adanya
kebutuhan sebagaimana diatas maka kelompok akan memaparkan mengenai
salah satu rancangan kegiatan yang dilaksanakan dalam sistem pendidikan, yaitu
program semester dan langkah-langkah penyusunannya.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang maka dapat
dirumuskan beberapa masalah, yaitu sebagai berikut:
1.
Apa yang
dimaksud dengan program semester?
2.
Bagaimana
langkah-langkah menyusun program semester?
1.3 Tujuan
Dalam makalah ini penulis menemukan beberapa
tujuan sebagai berikut:
1.
Untuk memenuhi tugas mata kuliah “Kajian Kurikulum SMA”
2.
Untuk mengetahui pengertian dari program semester.
3.
Untuk mengetahui langkah-langkah menyusun
suatu program semester
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Program Semester
Semester adalah satuan waktu yang digunakan untuk
penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan dalam semester
itu ialah kegiatan tatap muka, praktikum, kerja lapangan, mid semester, ujian semester dan
berbagai kegiatan lainya yang diberi penilaian keberhasilan.
Program semester ialah program yang berisikan
garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam
satu semester. Program semester ini merupakan penjabaran dari program tahunan. Kalau program
tahunan disusun untuk menentukan jumlah jam yang diperlukan untuk mencapai
kompetensi dasar, maka dalam program semester diarahkan untuk menjawab minggu
keberapa atau kapan pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar itu dilakukan.
Dalam program semester dipakai satuan waktu terkecil, yaitu
satuan semester untuk menyatakan lamanya satu program pendidikan. Masing-masing
program semester sifatnya lengkap dan merupakan satu kebulatan dan berdiri
sendiri. Pada setiap akhir semester segenap bahan kegiatan program semester
yang disajikan harus sudah selesai dilaksanakan. Kalau program
tahunan disusun untuk menentukan jumlah jam yang diperlukan untuk mencapai
kompetensi dasar, maka dalam program semester diarahkan untuk menjawab minggu
keberapa atau kapan pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar itu dilakukan.
Pada umumnya program semester ini berisikan tentang bulan, pokok bahasan yang hendak disampaikan,
waktu yang direncanakan, dan keterangan-keterangan. Komponen-komponen
program semester ini yaitu: identifikasi (satuan pendidikan, mata pelajaran,
semester, tahun pelajaran), bulan, standar kompetensi dan materi pokok yang
hendak disampaikan, waktu yang direncanakan dan keterangan-keterangan.
2.2 Langkah-Langkah Menyusun Program
Semester
Dalam
penyusunan program semester ada beberapa langkah yang perlu untuk di
perhatikan.
Langkah-langkah penyusunan program semester:
1. Memasukkan KD, topik dan sub topik bahasan
dalam format program semester
2. Menentukan jumlah jam pada setiap kolom
minggu dan jumlah tatap muka per minggu untuk mata pelajaran
3. Mengalokasikan waktu sesuai kebutuhan
bahasan topic dan sub topic pada kolom minggu dan bulan.
4. Membuat catatan atau keterangan untuk
bagian-bagian yang membutuhkan penjelasan
Format untuk program semester adalah
sebagai berikut:
PROGRAM
SEMESTER
Nama Sekolah
: …………….
Mata
Pelajaran : …………….
Kelas : …………….
Semester : …………….
No
|
SK. KD
|
Alokasi Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
|||||||||||||||||
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
Dari contoh format
program semester di atas maka tampak jelas bahwa program ini pada dasarnya
sebagai penjabaran dari program tahunan. Cara pengisian program di atas adalah
sebagai berikut:
1. Tentukan
Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang ingin dicapai. Dalam hal
ini guru tidak perlu merumuskan SK dan KD, sebab semuanya sudah ditentukan
dalam Standar Isi (SI), yakni pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP),
kecuali kalau memang diharuskan merumuskan SK dan KD sendiri, misalnya dalam
merumuskan kurikulum Muatan Lokal (Mulok).
2. Lihat program
tahunan yang telah disusun untuk menentukan alokasi waktu atau jumlah jam
pelajaran setiap SK dan KD itu.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA …………..
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XII IPA / 1
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Ø Standar Kompetensi : 4. Memahami
teori evolusi serta implikasinya
Ø Kompetensi Dasar : 4.1 Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi
Ø Indikator :
1.
Mendeskripsikan
berbagai teori tentang evolusi
2.
Mendeskripsikan
teori evolusi menurut Darwin
3.
Membedakan teori
abiogenesis dengan biogenesis
4.
Membuktikan
teori biogenesis dengan suatu percobaan sederhana
Ø Alokasi Waktu : 4 x 45 menit ( 2 x pertemuan )
a.
Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, diharapkan:
1.
Siswa dapat
menjelaskan berbagai teori tentang evolusi
2.
Siswa dapat
mendeskripsikan teori evolusi menurut Darwin
3.
Siswa dapat
membedakan teori abiogenesis dengan biogenesis
4.
Siswa dapat
membuktikan teori biogenesis dengan percobaan sederhana
b.
Materi Pembelajaran
·
Teori-teori
evolusi dari para ahli
·
Teori evolusi
Darwin
·
Teori
abiogenesis dan biogenesis
c.
Metode Pembelajaran
·
Ceramah
·
Diskusi
d.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran (absensi,
kebersihan, kelas dll)
b. Informasi
kompetensi yang akan dicapai
c. Memotivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan menunjukkan adanya keanekaragaman alam sekitar dan menanyakan bagaimana hal tersebut dapat terjadi.
Siswa
mencoba mengidentifikasi asal-usul keanekaragaman makhluk hidup
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan inti
· Siswa bersama guru
mendiskusikan berbagai pandangan tentang asal-usul kehidupan.
· Guru menjelaskan sejarah
evolusi, beserta teori-teori yang ada seperti teori Cuvier, teori Lamarck,
teori Darwin dan teori Weismann
· Siswa mendiskusikan
mekanisme evolusi menurut Darwin.
Setelah itu siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dikemukakan guru
berkenaan dengan teori evolusi Darwin
· Siswa menyimak penjelasan atau
klarifikasi guru tentang jawaban yang diberikan siswa
· Guru bersama siswa melakukan diskusi kelas, siswa
berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab yang difasilitasi oleh guru.
|
70 menit
|
3
|
Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa menyimpulkan berbagai
teori-teori tentang evolusi dari para ahli
· Siswa menyimpulkan mekanisme
evolusi menurut Darwin.
· Guru memberikan pengantar untuk
pertemuan selanjutnya tentang teori abiogenesis dan biogenesis, beserta
eksperimen/percobaan yang aan dilakukan untuk pertemuan selanjutnya.
· Guru memberikan tugas rumah yaitu mencari alat dan
bahan yang diperlukan untuk eksperimen nanti
· Guru bersiap untuk mengakhiri
pelajaran
|
10 menit
|
e.
Alat / Sumber
Belajar
·
Ferdinand, F dkk. 2007. Praktis Belajar Biologi Untuk Kelas XII SMA/MA Program IPA. Jakarta
Timur: Visindo Media Persada.
·
LKS / Lembar Kerja Siswa sebagai petunjuk untuk percobaan
(terlampir)
·
Berbagai sumber informasi tentang evolusi (buku teks,
internet, majalah dll)
f.
Penilaian
(Instrumen/soal)
Penilaian dilakukan sebelum, selama dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian saat proses
pembelajaran berlangsung dilakukan melalui kegiatan tanya jawab di kelas,
aktivitas siswa saat diskusi, dan mengerjakan tugas-tugas. Penilaian tertulis
dilakukan sesudah proses pembelajaran.
Adapun teknik penilaian tertulis yang digunakan adalah
dengan bentuk tes uraian!
Jawablah
semua pertanyaan di bawah ini dengan singkat, jelas dan tepat!
1.
Jelaskan dengan
singkat teori-teori tentang asal usul kehidupan!
2.
Jelaskan 4 pokok
utama teori evolusi menurut Charles Darwin!
3.
Deskripsikan
perbedaan teori abiogenesis dengan biogenesis
4.
Berdasarkan eksperimen tentang teori biogenesis yang
telah dilakukan, kesimpulan apa yang
didapatkan?
BAB
III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Program semester merupakan salah satu
bagian dari program pembelajaran yang memuat alokasi waktu untuk setiap topik satuan
bahasan pada setiap semester. Pengalokasian waktu pada program semester diberikan
secara lebih rinci dari pada prota.
Langkah-langkah
menentukan program
semester:
1. Memasukkan KD, dan topic bahasan dalam
format Program Semester.
2. Menentukan jumlah jam pada setiap kolom
minggu .
3. Mengalokasikan waktu sesuai kebutuhan.
Daftar
Pustaka
Anonim. 2012. Program
Tahunan dan Program Semester.
(Di
akses 19/03/14)
Anonim. 2009.
Pengertian Program Semester.
(Di akses 19/03/14)
Mulyase, E. 2007. Kurikulum berbasis kompetensi. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
0 comments:
Post a Comment